Tady09's Blog
Just another WordPress.com weblog

Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK):

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Penelitian yindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri melalui reefleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat.

1. On the job oriented

Bahwa PTK dilaksanakan oleh pekerja sesuai dengan bidang yang ditentukannya.Misalnya seorang guru geografi yang hendaknya mengadakan PTK dengan tema pembelajaran geografi.

2. Problem serving oriental

Mengandung makna bahwa PTK dilakukan untuk memecahkan maasalah yang ada dalam proses belajar mengajar (PBM) oleh guru.

3. Improvement Oriented

PTK dilaksanakan untuk memperbaiki proses pembelajaran.

4. Siklis

Pelaksanaan dilaksanakan berulang-ulang dan continiue.

5. Action Orieented

PTK harus dilakukan dengan praktik dalam PBM.

6. Specific contextual

PTK dilaksanakan benar-benar masalah yang di alami guru dengan PBM.

7. Kolaboratif

Dapat dilaksanakan bersama orang atau guru lain namun masih dalam rumpun ilmu.

8. Metodologi bersifat longgar

PTK tidak harus menggunakanpengolahan data statiskik yang rumit,cukup dengan  analisis deskriptif.

Beberapa factor mengemukakan karakteristik PTK:

  • Didasarkan atas maslah yang dihadapi guru dalam pembelajaran
  • Dilakukan secara kolaboratif melalui kerjasama dengan pihak lain.
  • Peneliti sekaligus sebagai prastisi yang melakukan refleksi.
  • Bertujuan memecahkan masalah atau meningkatan mutu pembelajaran.
  • Dilaksanakan dalam rangkaian langkah yang terdiri dari beberapa siklus.
  • Yang diteliti adalah tindkan yang dilakukan,meliputi efektifitas metode,teknik atau proses pembelajaran.
  • Tindakan yang diberikan oleh guru kepada peserta didik.

Kebaikan dan kelemahan PTK

Kebaikan PTK

  • Tumbuhnya rasa memiliki melalui kerjasama dalam PTK
  • Tumbuhnya kreatifitas dan pemikiran kritis lewat interaksi erbuka yang dapat bersifat reflektif / avaluatif dlam PTK
  • Dalam kerjasama ada saling merangsang untuk berubah
  • Meningkatkan kesepakatan lewat kerjasama demokratis dan diologis dalam PTK

-Kelemahan PTK

  • Kurangnya pengetahuan dan ketrampilan dalam teknik dasar penelitian pada anda sendiri karena terlalu banyak berurusan dengan hal-hal praktis.
  • Rendahnya efesiensi waktu karena anda harus memiliki komitmen peneliti waktu untuk terlibat dalam prosesnya sementara harus melakukan tugas rutin.
  • Konsepsi proses kelompok yang demokratis dengan kepekaan tinggi terhadap kebutuhan dan keinginan anggota-anggota kelompoknya dalam situasi tertentu padahal tidak mudah mendapatkan pemimpin demikian.

Tujuan PTK

Tujuan utama PTK adalah untuk memecahkan permaslahan nyata yang terjadi didalam kelas sekaliguss mencari jawaban ilmiah mengapa hal tersebut dapat dipecahkan melalui  tindakan yang akan dilakukan.PTK juga bertujuan untuk meningkatkan kegiatan nyata guru dalam pembangunan profesinya.

Tujuan khusus PTK adalah untuk mengatsi berbagai persoalan nyata guna memperbaiki atau meningkaatkan kualitas proses pembelajaran di kelas.

Secara lebih rinci tujuan PTK adalah:

  • Meningkatkan mutu isi,masukan,proses dan hasil pendidikan dan pembelajaran disekolah
  • Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam mengatsi masalah pembelajaran dan pendidikan didalam dan diluar kelas
  • Meningkatkan sikap professional pendidik dan tenaga kependidikan
  • Menumbuhkembangkan budaya akademik dilingkungan sekolah sehingga tercipta sikap protektif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan atau pembelajaran secara berkelanjutan.

Manfaat PTK

  • Menghasilkan laporan-laporan PTK yang dijadikn bahan panduan bagi para pendidik (guru) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  • Menumbuhkembangkan kebiasaan,budaya atau tradisi meneliti dan menulis artikel ilmiah dikalangan pendidik.
  • Mewujudkan kerjasama,kolaborasi atau sinergi antara pendidik dalam satu sekolah atau beberapa sekolah untuk bersama-sama memecahkan masalah dalam pembelajaran dan menigkatkan mutu pembelajarn.
  • Meningkatkan kemampuan pendidik dalam upaya menjabarkan kurikulum atau program pembelajaran sesuai dengan tuntutan konteks local seklolah seta kelas
  • Memupik dan meningkatkan ketertiban,kegairahan,ketertarikan,kenyamanan,menyenangkan sera melibatkan siswa karena strategi,metode,teknik atau media yang digunakan dalam pembelajaran demikian bervariasi dan dipilih secara bersungguh-sungguh.

Langkah-langkah melaksanakan PTK:

  • Merencanakan perbaikan
  • Melaksanakan tindakan
  • Mengamati
  • Melakuakn refleksi

Langkah-langkah dalam PTK dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur:

  • Merencanakan kegiatan sehingga kegiatan yang dilakukan menjadi terarah
  • Melakukan tindakan
  • Mengamat kembali untuk menentukan apakah ada hal-hal dalam rencana yang perlu diperbaiki agar rencana mencapai tujuan yang diinginkan
  • Melakukan refleksi

Perbedaan PTK dengan penelitian kelas non PTK

PTK tentu berbeda dari penelitian kelas,PTK termasuk salah satu jenis penelitian kelas karena memang penelitian tersebut dilaksanakan didalam kelas.Berbagai jenis PTK selalu dilakuka didalam kelas.Berbagai penelitian yang dilakukan didalam kelas selain PTK.

Perbedaan antara PTK dengan penelitian kelas,Fokusnya perhatian guru terutama pada munculnya masalah,peran guru,dan hasil yang diharapkan.

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

muhtadi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Ilmu Pendidikan

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2009/2010

Belum Ada Tanggapan to “Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK):”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: