Tady09's Blog
Just another WordPress.com weblog

indikator bahasa indonesia kelas II/1 SD

MATA PELAJARAN  : BAHASA INDONESIA

KELAS/SEMESTER   : II/1

NO STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR

1.

Mendengarkan

Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.

1.1   Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.

  • Mendengarkan teks pendek. (Afektif)
  • Menyebutkan isi teks pendek dengan kata-kata atau kalimat sendiri. (Kognitif)
  • Menulis kembali isi teks pendek. (Psikomotor)
  • Membacakan kembali isi teks pendek yang telah dituliskan. (Psikomotor)
1.2 Mendeskripsikan isi puisi
  • Mendengarkan puisi. (Afektif)
  • Menjelaskan makna yang terkandung di dalam puisi. (Kognitif)
  • Menulis kembali makna puisi. (Psikomotor)
  • Membaca makna puisi yang telah ditulis. (Psikomotor)
  • Mendeskripsikan makna puisi. (Psikomotor)

2.

Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi.

2.1   Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.

  • Menjelaskan tentang pilihan kata yang tepat. (Kognitif)
  • Menjelaskan santun berbahasa. (Kognitif)
  • Mensimulasikan cara bertanya dengan pilihan kata yang tepat. (Kognitif)
  • Mensimulasikan cara bertanya dengan santun berbahasa. (Kognitif)
  • Bertanya kepada orang lain dengan pilihan kata yang tepat. (Afektif)
  • Bertanya kepada orang lain dengan santun berbahasa. (Afektif)
2.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
  • Menjelaskan tentang bahasa yang mudah dipahami orang lain. (Kognitif)
  • Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain. (Psikomotor)
  • Menulis kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain. (Psikomotor)
  • Membacakan kembali kegiatan sehari-hari yang telah ditulis. (Psikomotor)
2.3 Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
  • Menjelaskan tentang ekspresi yang tepat. (Kognitif)
  • Mendengarkan cara mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat. (Afektif)
  • Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat. (Psikomotor)
  • Menyalin kembali puisi dengan huruf tegak bersambung. (Psikomotor)

3.

Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.

3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.

  • Membaca isi teks pendek dengan membaca lancar. (Psikomotor)
  • Mencontoh membaca teks pendek. (Psikomotor)
  • Mengulang kembali membaca teks pendek dengan membaca lancar. (Kognitif)
  • Menjawab pertanyaan isi teks pendek. (Afektif0
  • Menyimpulkan isi teks pendek. (Kognitif)
3.2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
  • Membaca puisi anak. (Psikomotor)
  • Mencontoh kembali pembacaan puisi anak. (Psikomotor)
  • Menjawab pertanyaan isi puisi anak yang dibaca. (Afektif0
  • Menjelaskan isi puisi anak. (Kognitif)

4.

Menulis

Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.

  • Membaca cerita sederhana. (Psikomotor)
  • Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. (Psikomotor)
  • Merevisi kembali cerita yang telah ditulis. (Afektif)
  • Mengedit kembali cerita yang telah direvisi. (Psikomotor)
4.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
  • Menjelaskan penggunaan huruf kapital. (Kognitif)
  • Menjelaskan penggunaan tanda titik. (Kognitif)
  • Mencontoh huruf tegak bersambung. (Psikomotor)
  • Menjelaskan kalimat sederhana. (Kognitif)
  • Menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung. (Psikomotor)
  • Menulis kalimat sederhana yang didiktekan. (Psikomotor)

KELAS/SEMESTER : II/2

NO STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR INDIKATOR

5.

Mendengarkan

Memahami pesan pendek dan dongeng yabg dilisankan.

5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain

5.2 Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarkannya

-          Mendengarkan pesan pendek (Afektif)

-          Menyampaikan pesan pendek kepada orang lain (Kognitif)

-          Menuliskan kembali isi pesan pendek (Psikomotor)

-          Membacakan kembali isi teks pendek yang telah dituliskan (Psikomotor)

-          Mendengarkan dongeng (Afektif)

-          Menjawab pertanyaan isi dongeng (Afektif)

-          Menjelaskan tokoh. (kognitif)

-          Menceritakan kembali isi dongeng. (Psikomotor)

-          Menulis kembali isi dongeng. (Psikomotor)

-          Membacakan kembali isi dongeng yang telah dituliskan. (Pskomotor)

6.

Berbicara

Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.

6.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai cirri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain.

6.2 Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.

-          Menjelaskan tentang kalimat yang mudah dipahami orang lain. (Kognitif)

-           Mengamati keadaan tumbuhan atau binatang di sekitar.(Afektif)

-          Mendengarkan cara berdeskripsi. (afektif)

-          Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai cirri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain. (Psikomotor)

-          Menulis kembali hasil deskripsi. (Psikomotor)

-          Mendengarkancerita anak (Afektif)

-          Menjawab pertanyaan tentang isi cerita anak (Kognitif)

-          Menceritakan kembali cerita anak dengan kata-kata sendiri (Psikomotor)

-          Menulis isi cerita anak (Psikomotor)

-          Membacakan kembali isi cerita anak yang telah dituliskan (Psikomotor)

7.

Membaca

Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati

7.1 Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat

7.2 Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati

-          Memebaca nyaring teks dengan lafal dan intonasi yang tepat (Psikomotor).

-          Mencotoh membaca nyaring teks (Psikomotor).

-          Mengulang kambali membaca nyaring teks dengan lafal dan intonasi yang tepat (kognitif).

-          Menjawab pertanyaan isi teks (Afektif).

-          Membaca teks agak panjang dalam hati (Psikomotor).

-          Mencontoh kembali teks agak panjang (Psikomotor).

-          Menjawab pertanyaan isi teks agak panjang (Afektif)

-          Menyebutkan isi teks (Kognitif)

8.

Menulis

Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menjalin puisi anak

8.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang disekitar secara sederhana dengan bahasa tulis

8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi

-          Menjelaskan cara berdeskripsi (Kognitif)

-          Mengamati keadaan tumbuhan/binatang disekitar (Afektif)

-          Menulis hasil deskripsi (Psikomotor)

-          Membacakan kembali hasil deskripsi yang telah dituliskan (Psikomotor)

-          Mencontoh huruf tegak bersambung (Psikomotor)

-          Menjalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi (Psikomotor)

-          Merevisi kembali tulisan tegak bersambung (Afektif)

NO STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR INDIKATOR

5.

Mendengarkan

Memahami pesan pendek dan dongeng yabg dilisankan.

5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain

5.2 Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarkannya

-          Mendengarkan pesan pendek (Afektif)

-          Menyampaikan pesan pendek kepada orang lain (Kognitif)

-          Menuliskan kembali isi pesan pendek (Psikomotor)

-          Membacakan kembali isi teks pendek yang telah dituliskan (Psikomotor)

-          Mendengarkan dongeng (Afektif)

-          Menjawab pertanyaan isi dongeng (Afektif)

-          Menjelaskan tokoh. (kognitif)

-          Menceritakan kembali isi dongeng. (Psikomotor)

-          Menulis kembali isi dongeng. (Psikomotor)

-          Membacakan kembali isi dongeng yang telah dituliskan. (Pskomotor)

6.

Berbicara

Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.

6.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai cirri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain.

6.2 Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.

-          Menjelaskan tentang kalimat yang mudah dipahami orang lain. (Kognitif)

-           Mengamati keadaan tumbuhan atau binatang di sekitar.(Afektif)

-          Mendengarkan cara berdeskripsi. (afektif)

-          Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai cirri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain. (Psikomotor)

-          Menulis kembali hasil deskripsi. (Psikomotor)

-          Mendengarkancerita anak (Afektif)

-          Menjawab pertanyaan tentang isi cerita anak (Kognitif)

-          Menceritakan kembali cerita anak dengan kata-kata sendiri (Psikomotor)

-          Menulis isi cerita anak (Psikomotor)

-          Membacakan kembali isi cerita anak yang telah dituliskan (Psikomotor)

7.

Membaca

Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati

7.1 Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat

7.2 Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati

-          Memebaca nyaring teks dengan lafal dan intonasi yang tepat (Psikomotor).

-          Mencotoh membaca nyaring teks (Psikomotor).

-          Mengulang kambali membaca nyaring teks dengan lafal dan intonasi yang tepat (kognitif).

-          Menjawab pertanyaan isi teks (Afektif).

-          Membaca teks agak panjang dalam hati (Psikomotor).

-          Mencontoh kembali teks agak panjang (Psikomotor).

-          Menjawab pertanyaan isi teks agak panjang (Afektif)

-          Menyebutkan isi teks (Kognitif)

8.

Menulis

Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menjalin puisi anak

8.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang disekitar secara sederhana dengan bahasa tulis

8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi

-          Menjelaskan cara berdeskripsi (Kognitif)

-          Mengamati keadaan tumbuhan/binatang disekitar (Afektif)

-          Menulis hasil deskripsi (Psikomotor)

-          Membacakan kembali hasil deskripsi yang telah dituliskan (Psikomotor)

-          Mencontoh huruf tegak bersambung (Psikomotor)

-          Menjalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi (Psikomotor)

-          Merevisi kembali tulisan tegak bersambung (Afektif)

About these ads

Belum Ada Tanggapan to “indikator bahasa indonesia kelas II/1 SD”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: